About

Senin, 02 Juni 2014

CARA MEMBUAT MAJALAH DIGITAL DENGAN AX.MAG

  • Siapkan file PDF. aXmag mengharuskan Anda memiliki file PDF yang nantinya akan dikonversi menjadi animasi berbasis flash yang dikombinasikan dengan hasil keluaran bersama file HTML dan XML. Untuk mengonversi dokumen menjadi file PDF Anda dapat memanfaatkan third party software seperti Adobe Distiller ataupun PrimoPDF. Kedua peranti lunak ini berperan layaknya printer. Jadi, semua jenis dokumen bisa dikonversi dengan peranti lunak apa saja. Pilihan lainnya adalah memanfaatkan layanan online converter. Dengan cara ini Anda cukup mengunggah file dokumen Anda, lalu mendapatkan hasilnya dengan cara mengunduh langsung dari situs webnya atau dikirimkan ke surel. Saya tidak menyarakan cara ini, kecuali Anda meyakini reputasi layanan tersebut. Sebab file yang Anda unggah bukan tidak mungkin digunakan secara ilegal, misalnya dijual kepada pihak ketiga tanpa Anda ketahui. Saya lebih menyarankan menggunakan third party software. Dalam proses konversi, pastikan Anda menentukan pengaturan yang tepat, khususnya mengenai kualitas hasil. Jika memungkinkan pilihlah kompresi terendah untuk gambar, agar hasilnya tidak mengecewakan walaupun aXmag nantinya bisa menjaga kualitas keluaran tidak jauh berbeda dengan file asli sebelum dikonversi menjadi PDF. Di PrimoPDF misalnya Anda bisa memilih beberapa pengaturan: Screen, E-book, Print, dan Prepress. 

  • Buka aXmag dan masukkan file PDF. Antarmuka aXmag berbasis wizard, sehingga memudahkan Anda dalam proses konversi. Di bagian awal Anda diminta merujuk file PDF kemudian menentukan di mana hasil akhir akan disimpan.
  • Tentukan tampilan halaman. Pada langkah kedua, tentukanlah bagaimana halaman PDF akan ditampilkan. Apakah satu halaman pada setiap halaman PDF, dua halaman pada satu halaman PDF, atau apakah satu halaman kemudian dua halaman dalam satu halaman PDF. Anda juga dapat menentukan halaman depan juga dijadikan menjadi halaman belakang. Untuk pengaturan ini, pilihlah The first PDF page is the cover back page. Di bagian kanan langkah kedua ini terdapat pilihan pemotongan halaman berdasarkan garis penanda (crosshair) yang sudah ditentukan sebelumnya. Agar lebih tepat, Anda diharuskan memasukkan angka koordinatnya.  Cross hair atau cutline biasanya digunakan dalam metode cetak sebagai penanda sampai di mana batas paling pinggir kertas sebagai ukuran jadi. Cara seperti ini akan menghasilkan potongan halaman tanpa batas putih di sekeliling halaman (nonbleed page). Tetapi kalau misalnya halaman PDF Anda sudah nonbleed, berarti Anda bisa mengabaikan opsi ini.
  • Efek 3D. Langkah berikutnya masih mengenai tampilan, khususnya menghasilkan efek tiga dimensi, layaknya membalikkan halaman kertas asli. Untuk itu pilihlah Paper-folding 3D effect (Dynamic shadows on papers). Agar lebih tegas, animasi dapat ditambahkan efek suara membuka halaman. Untuk itu beri tanda centang pada Page-flip sound effect.
  • Pengaturan antarmuka. Langkah terakhir sebelum mengonversi, Anda diminta mengatur tampilan antarmuka hasil akhir. Untuk bahasa gunakanlah English. Nantinya ini akan menentukan bahasa tooltip yang muncul ketika kursor tetikus mengarah pada tombol-tombol navigasi. Nantinya ini akan bisa diubah menjadi bahasa yang Anda sukai pada file data2. xml di hasil akhir. Jika Anda ingin memasukkan nama perusahaan, ketiklah di bagian Add company name. Sedangkan jika Anda ingin memasukkan logo, lakukan pada bagian Add company logo. Anda tidak dapat melakukan kedua-duanya. Format standar gambar adalah JPEG atau PNG. Di bagian ini tentukan pula warna latar belakang dan tambahkan musik dalam format MP3 agar menambah tingkat interaktivitas hasil akhir. Di panel kanan, tentukan pula Judul dan nama penulis (opsional). Hal lainnya lagi tentukan apakah Anda ingin membuat thumbnails halaman, publikasi ke social networking site (Twitter Facebook, dan lain-lain), dan menentukan apakah pengguna dapat mencetak halaman.
  • Mulailah mengonversi. Usai menentukan aneka setting kliklah tombol Convert untuk memulai pengubahan. Tunggu beberapa saat, hingga kotak dialog selanjutnya muncul.
  • Lihat hasilnya. Pada kotak dialog yang muncul, pilihlah tombol View It atau Open Folder. Masing-masing akan membuka hasil akhir konversi pada internal swf player dan folder hasil akhir yang berisikan paket file html, xml, swf, dan lain-lainnya. Kemudian klik tombol Finish. Di dalam folder hasil akhir Anda dihadapkan pada satu paket hasil konversi. Semua file ini nantinya Anda unggah ke server situs web Anda, di mana hosting akan membaca index.html terlebih dahulu. Klik ganda file tersebut untuk membuka hasil akhir pada peramban (browser).
  • Lakukan beberapa perubahan. Sekarang bukalah file tersebut dengan Notepad. Perhatikan pada tag Title, terdapat judul halaman HTML yang ditambahkan aXmag secara otomatis. Anda dapat menghapus itu, jika Anda tidak menginginkannya.  Tekan tombol Ctrl+S untuk menyimpan perubahan. Kemudian bukan pula file Data.xml di Notepad untuk melakukan pengubahan terperinci lainnya. Misalnya Anda dapat mengubah tooltip tombol navigasi dalam bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia.
  • Sebelum mengunggah seluruh file hasil akhir tersebut, disarankan memampatkannya terlebih dahulu dalam format ZIP atau RAR (bergantung pada kompatibilitas sistem operasi hosting  yang Anda gunakan). Dalam cPanel yang saya gunakan hanya mendukung format ZIP. Hal ini akan menghemat proses unggah. Setelah dimekarkan, kemudian buka atau refresh laman web yang berisi memuat file index.html tersebut. Beberapa contoh bisa Anda lihat di www.mahapalamultimedia.com atau www.axmag.com/demo.html

0 komentar:

Posting Komentar